Halaman

.

Sabtu, 30 Maret 2013

Tahun Pertama


Let us start the story

Menjadi mahasiswa baru, di tawarkan segudang kegiatan di kampus. Mulai dari UKM yang keren – keren, mbak – mbak yang baik, organisasi keilmuan sampe organisasi pergerakan. Kesempatan banget nih, habis setelah lulus SMA niatnya tetep pengen ikut organisasi lagi.

 Pelampiasan waktu SMA ga jadi ikut OSIS karena kesel pendaftarannya ngaret, jadi di kuliah pengen banget ikut organisasi kayak OSIS. Alhasil dari SMA udah pengen banget ikut BEM, karena BEM itu kan eksekutif jadi miriplah harusnya sama OSIS. Setelah beberapa hari masuk kuliah akhirnya pendaftaran BEM di buka. Pengen banget ikut, cuma kata temen – temen berasa serem gitu waktu ambil formulir pendaftaran di sekre BEM. Katanya orang nya serem – serem. Bayanganku udah  tempatnya terpencil, deket mushola, ya pojokan – pojokan gitulah ngebuat semakin males aja kesananya. Maklum dulu di awal aku ga terlalu suka keliling – keliling kampus. Udah deh pokoknya berasa mau ngelepasin aja daftar BEM. Hari itu hari terakhir pengambilan formulir BEM. Siap – siap pasrah ga jadi daftar BEM, tau – tau ada temen yang ngajak buat ambil formulir. Takut – takut kita berdua dateng ke BEM. Masih cupu banget deh waktu itu, aku ga berani perhatiin siapa aja yang ada di situ. Pokonya ambil formulir terus cabut ajaa. 



      Alhamdulillah jadi ambil formulir, terus isi formulir dengan sungguh – sungguh. Sok nulis jawaban dengan kata – kata yang berasa bagus buat di denger bagus buat di baca haha. Step pertama seleksi berkas lolos. Masuk ke step ke dua, penugasan dan sekolah kaderisasi. Buat sekolah kaderisasi kita di jadiin kelompok – kelompok. Ada Kakak Asuh Organisasinya (KAO) juga. Satu kelompok sama aku ada Paras, Ali, Dieny, Deny, Mahe, Yozan, yang lainnya lupa (alhamdulillah banyak yang tetep bertahan, dan beberapa malah jadi). Sedangkan KAO nya ada Maz Faza dan Mbak Putu. Oleh karena Osjur JTF jadi Maz Faza jarang banget nemenin kita, yang sering nemenin Mbak Putu. Walau begitu masih tetep semangat.

Tugas sekolah kaderisasi lumayan, lumayan bikin capek. Karena salah satu tugasnya aku jadi kenal kehidupan dan alam BEM FT. Tugas wawancara, banyak banget orang yang harus diwawancara dan ada beberapa yang lucu. Pertama kenal makhluk aneh di BEM FT adalah duet antara Mas Dio ama Mas Faqih. Super ga normal banget deh dua orang itu. Kocaknya mereka bikin wawancara jadi asyik. Ada Mas Ginta yang hobi roll depan, Mas Aris yang suka siul, Mas Didik yang waktu itu serius banget padahal kalo tau aslinya jayus abis, Mas Yanu yang kesan pertamanya serem banget tapi ternyata ngeselinnya minta ampun. Menyenangkan, sampai tahap wawancara dan aku lolos masuk ke BEM semuanya menyenangkan.

Awal masuk BEM, jadi anak rajin. Suka ikut forga, ikut BCA, ikut2an deh pokoknya. Oya aku masuknya ke Departemen PSDM, pilihan pertama kedua PSDM semua sih. Forga ataupun kumpul PSDM kadang di pimpin Mas Aris kadang Mas Arif. Dua – duanya punya karakter beda. Mas Arif betah banget ngomong panjang, kadang bisa ber jam jam deh. Mas Aris suka banget ngasih pemahaman ke kita sebenernya BEM sama PSDM itu kayak apa, harusnya seperti apa. Yang sama dari mereka berdua tuh kesan pertamanya sama – sama keliatan pendiem, padahal ngga juga.

Kepengurusan Mas Aris berganti jadi Mbak Dani. Sekre masih sepi dari 2011. Dikit banget yang dateng ke sekre. Sekre masih dipenuhi sama orang – orang tua. Kalo di sekre suka bingung mau ngajak ngobrol siapa. Habis ga ada yang seangkatan, akhirnya cuma bisa diem trus baca – baca buku deh. Setelah sering sendiri, mulai ada anak Advokasi yang sering ke sekre. Ada temen ngobrol dikit – dikitlah, karena satunya temen satu jurusan. Ternyata tetep aja sendirian lagi, habis Wardah sama Rina suka curhat berduaan aja sih. Kadang curhat tentang Advokasi, kadang tentang urusan pribadi. Kalo lagi curhat susah diganggu, ga enak juga soalnya awal – awal masih belum terlalu kenal sama mereka. Mas Yanuar juga awal – awal jadi ketua BEM masih berasa pendiem banget gitu jarang ajak ngobrol. Sepiiiii.

Hal awal tentang Mbak Dani, waktu Mbak Dani ulang tahun. Kita berencana ngerjain, Mba Dani. Hari itu PSDM mau foto Departemen, kita berencana dateng ngaret semua. Padahal yang ditanemin di PSDM dulu adalah ga boleh ngaret. Kita berhasil ngebuat Mba Dani nunggu lama di sekre. Aku sama Fina berusaha nahan – nahan Mba Dani supaya ga pulang. Padahal Mba Dani ada tugas yang harus di kumpulin ke asisten jam delapan. Kita minta – minta Mba Dani supaya jangan dibatalin fotonya. Mba Dani udah keliatan agak kesel gitu, nunggu lama banget sih. Ada deadline tugas lagi. Akhirnya setelah begitu lama kue pun dataang. Kita berhasil ngasih surprise buat Mba Dani. Mba Dani hampir – hampir nangisi gitu. Para PH juga ngasi surprise buat Mba Dani. Mereka ngebacain puisi yang ditulis Mas Yanuar judulnya Merapi dan Merbabu, haha lucu banget. Ga kebayang yang ngebuat Mas Yanu, suka ketawa sendiri deh kalo inget. 

Beberapa lama kemudian ternyata aku masuk jadi KRT. Kenal deh sama Mas Aulia Arman, sama Karin, Putra, Rahmadi, Tubs, Fero, Ali dan akhirnya Adin. Jadi anak KRT kita sering di ajak maen sama Mas Arman. Sering di ajak makan bareng, ditraktir, jalan – jalan, banyak seneng senengnya. KRT, di mana aku belajar pentingnya kekeluargaan, belajar bahwa kita adalah keluarga. Ditanamkan idealisme pentingnya keluarga di BEM. KRT, aku belajar mengenal BEM, belajar mengenal lebih dekat BEM KMFT. Segala macam orang di dalamnya. Mas Arman mengajarkan kedekatan dengan saling mengejek, bermain bersama, melupakan kesibukan sendiri dan berbaur, ya memang kami menjadi lebih dekat.

Hal yang masih aku ingat ketika TO 2. Saat malam – malam itu, setelah kami melakukan evaluasi. Aku duduk bersama beberapa anak PSDM di tengah lapangan. Menceritakan beberapa hal tentang PSDM. Masalah yang ada di departemenku sendiri. Ya hal yang harusnya ku sadari. Kami berbicara banyak, bercerita. Ada sebuah permasalahan tentang salah satu saudara kami. Ya dan saudara kami yang lain pula. Bodohnya saat itu aku menangis, menitikkan air mata. Mbak Dani yang besoknya harus field trip jam enam pagi dan sebenarnya ada urusan menyempatkan untuk mendengarkan keluhanku. Banyak, banyak yang ingin di sampaikan tapi tak semua dapat di ungkapkan.

Hari ulang tahun. Terima kasih pada saudara – saudaraku yang mengingatnya. Memberikan hadiah yang manis. Terima kasih pada Mas Arman, Ali, Wardah, Mas Yanuar, Mas Surya dan lainnya. Terima kasih untuk malam dimana aku di guyur teh botol dan di beri kue yang enak. Terima kasih.

Lama aku merasa nyaman, tapi lama kelamaan aku merasa sepi. Ketika masa pergantian perasaan itu semakin terasa. Aku merasa sepi di sekre yang ramai. Terasa tidak melakukan apa – apa. Sekre semakin terasa tidak produktif dan orang – orangnya juga terasa begitu tak peduli. Aku bosan, aku merasa sepi. Mulai muncul rasa malas berada di sekre, merasa tidak suka di sini. Akhirnya semakin lama, semakin tidak betah dan mulai menjauh.

Aku menemukan rasa nyaman di tmpat lain. Rasa senang karena sering bertemu. Merasa dikuatkan, merasa dibutuhkan. Di sana kami berbagi, bercerita, tertawa, bermain. Kami seangkatan merasa begitu kompak. Isinya hanya wanita semua, justru karena itu serasa lebih dimengerti. Dulu aku seringa ditanya “Fitri di mana ?” lalu dengan segera mereka menjawab “ Pasti di ... ya.” Tanpa sempat aku membalas perkataan mereka dengan yakin. Setelah isu akan nama – nama muncul, entah kenapa aku ingin terus bersama saudariku. Membersamai langkah mereka, berjuang bersama mereka. Sekali ini rasanya benar – benar keinginanku. Akan tetapi ternyata tidak seperti yang kuharapkan. Allah SWT punya jalan sendiri untuk hamba-Nya.

Aku dipanggil kembali untuk membersamai langkah keluarga yang ku jauhi. Amanah baru. Kita tidak boleh mencari – cari amanah dan ketika amanah itu datang kita tidak boleh lari darinya. kata seseorang dalam ceramahnya “Amanah tidak pernah salah memilih orang. Yang ada hanyalah ketidak percayaan diri kita dalam mengemban amanah”. Entah kenapa setelah menerima tempat itu, banyak hal tentang amanah yang ku dengar. Benar amanah tidaklah mudah, berat dalam memikulnya. 

Kembali aku belajar menyesuaikan diri dengan keluaga yang aku kira akan terus kujauhi. Belajar memahami kondisi dan situasinya, belajar memahami orang – orangnya. Belajar hingga alhamdulillah sekarang aku mulai menyesuaikan diri. Bagaimanapun juga di sini aku tumbuh. Di sini memberiku banyak pelajaran. Di sini memberiku banyak kenangan.....

Tak kan ku lupa waktu satu tahun aku bersama kalian. Orang – orang yang telah membimbingku, membersamaiku, menemaniku. Aku  konytidak lupa saat kita sering menghabiskan waktu bercanda bersama di depan sekre. Aku tidak lupa saat kita bermain kartu bersama, dan saling mengejek. Aku tidak lupa ketika kita memasak telur dan roti di depan sekre. Aku tidak lupa saat kita sering pergi makan bersama di luar. Fina yang cerewetnya minta ampun. Zaki yang suka banget nanya apa kabar, Wardah yang suka ngomel tapi baik, Mas Yanuar yang selalu menghidupkan suasana sekre, Mas Didik yang sabar, mas Bentar yang konyol banget, Mas Arman yang memberiku banyak pelajaran dan nasehat, juga semua yang lainnya. Aku masih ingat orang – orang yang begitu sering di bully (Mas Didik, Michi). Aku masih ingat ketika kita masak pem pek bersama. Aku masih ingat saat makanan yang di masak ketika BCA, habis karena kalian begitu lapar. Aku masih ingat dengan ejekan – ejekan yang membangkitkan kejengkelan (Mas Zaki, PMR ga guna). Aku masih ingat, ya masih. 

Adanya tulisan ini kuharap dapat terus mengingatkanku akan kenangan indah bersama kalian. Kenangan yang membekas dalam hati, kenangan yang mungkin perlahan terhapus kepikunan. Akan tetapi dengan tulisan ini, kan selalu mengingatkanku. Akan keluarga, akan tempat, akan tawa, canda dan orang – orang yang telah mewarnai hariku.

2 komentar:

  1. haha aku bingung baca tulisanku sendiri, masih belepotan
    ya war
    semua silih berganti
    kenangan aja yang ngga akan pergi
    bahkan kata Zaki setitik noda di karpet pun meninggalkan cerita
    satu tahun sebagai staff memang menyenangkan
    ketika kita dari anak2 belajar tumbuh untuk lebih dewasa :D

    BalasHapus