Halaman

.

Sabtu, 02 November 2013

Berawal dari Sebuah Kata "Terserah"

Berawal dari sebuah kata "Terserah".

Tentu kita pernah mengalami masa kecil. Mana mungkin lahir tau - tau langsung berumur 20 tahun kan? Masa kecil merupakan salah satu rangkaian kita dalam berproses menjadi seperti saat ini. Masa kecil merupakan bagian yang penting pada pembentukan karakter masing - masing individu. Oleh karena itu apa yang terjadi di masa kecil mempengaruhi sikap dan sifat kita ketika dewasa.


Saya belakangan ini merasa bahwa tingkah laku saya di waktu kecil membuat saya menjadi seperti ini.

Saat kecil, saya sering menginap di rumah saudara sepupu saya yang ada di Yogyakarta. Dia perempuan dan lebih tua satu tahun, tapi kami seangkatan. Ketika menginap tante dan om suka membelikan makanan atau menanyakan ingin makan apa kepada kami.

"Nanti mau makan apa mba Nopi?"
"Terserah tante."
"Soto apa sop?"
"Ya terserah tante."

Lalu
"Mba Nopi mau nasi lagi?"
"Ya terserah tante."
"Lauknya mau nambah juga?"
"Emmm, teserah tante."


Sering sekali jawaban dari pertanyaan - pertanyaan ketika masih kecil aku jawab dengan jawaban terserah. Hingga aku sering diledek oleh om, tante dan saudara sepupuku karena terlalu sering mengatakan terserah. Kebiasaan itu berlangsung hingga sekitar 5 - 6 tahun.

Kebiasaan itu ternyata baru aku rasakan pengaruhnya sekarang. Terlalu seringnya aku menggantungkan keputusan ke orang membuatku sulit mengambil keputusan sendirian.

1 komentar: